Senin, 12 Mei 2008

ADIL PATU DI PROTES OLEH WARTAWAN

Brosur Adil Patu Kembali Disoal
Kutip Nama Wartawan Fajar
Laporan: Akbar Hamdan, Makassar

MAKASSAR-- Brosur Adil Patu kembali dipermasalahkan lantaran berisi kutipan berita yang dilaporkan oleh salah seorang Wartawan Fajar. Terlebih lagi, brosur tersebut hingga kini masih tersebar di beberapa daerah di Makassar.

Pemuatan kutipan berita Fajar tentang kasus kelaparan(Padahal Sakit DIARE AKUT) yang menewaskan Besse dan anak-anaknya, beberapa waktu itu pun dipertanyakan LDM (Lingkar Demokrasi Mahasiswa) saat bertamu di redaksi Fajar, Kamis 1 Mei kemarin. "Kami ingin klarifikasi apakah pencantuman isi berita, nama wartawan dan tulisan Fajar Online ini sepengatuan redaksi Fajar atau tidak," tanya Uya, salah seorang pengurus LDM.

Uya juga mengatakan, beberapa waktu lalu, pihaknya juga sempat meminta klarifikasi Kompas karena masalah yang sama. Kompas sendiri sudah menyurati tim Adil Patu dan memprotes pemuatan Kompas pada brosur itu.

Menurut Uya, pada brosur sebelumnya dicantumkan logo Kompas dan Fajar. Tetapi setelah diklarifikasi Kompas, brosur tersebut masih beredar namun mencantumkan pemberitaan Fajar dan nama wartawannya.

"Kami dapat brosur ini kemarin (Rabu) tapi 'Kompas'nya sudah dipotong," kata Uya sembari menyerahkan selembar brosur berwarna kuning kepada Redaktur Politik Harian Fajar, Fachruddin Palapa.

Uya mengatakan, pihaknya berharap pers tetap independen dalam menghadapi situasi Pilkada di Makassar yang kini tengah hangat-hangatnya. Dia juga mengingatkan kepada kandidat lainnya agar tidak mengutip berita dari media untuk keuntungan pribadi.

Menjawab persoalan itu, Fachruddin Palapa menjamin Fajar tetap independen dalam menyajikan berita politik, utamanya berita tentang Pilkada. Soal pencantuman berita, nama wartawan serta tulisan Fajar, Fachruddin mengatakan pihak redaksi sama sekali tidak tahu.

"Kami juga terkejut saat tahu ada brosur seperti itu. Kami juga sudah mengirim surat protes kepada tim Adil Patu," terang Fachruddin. (aha)

..................................................................................................................................................................
TONG KOSONG NYARING BUNYINYA
MENINGGAL KARENA SAKIT DIARE AKUT
DIBILANG KELAPARAN
FITNAH NERAKA TEMPATNYA
..................................................................................................................................................................




Tidak ada komentar: